PROFIL
PROFIL
STANDAR PELAYANAN PUBLIK
STANDAR PELAYANAN PUBLIK
KONTAK
KONTAK
TRANSPARANSI KEUANGAN
TRANSPARANSI KEUANGAN
SATU DATA
SATU DATA
SUB MENU
SUB MENU

Layanan Sirkulasi Bahan Pustaka


1. Persyaratan 
a. Kartu Anggota Perpustakaan;
b. Mengisi Buku Pengunjung;

2. Sistem, Mekanisme  dan Prosedur
Secara Onsite :
1.    Pemustaka mengisi buku pengunjung;
2.    Menelusur bahan Pustaka melalui opac/bantuan petugas ;
3.    Menuju rak koleksi ;
4.    Pemustaka melaksanakan peminjaman bahan pustaka;
5.    Setelah 7 hari, pemustaka melaksanakan perpanjangan/pengembalian bahan pustaka
6.    Petugas mengembalikan koleksi yang dipinjam ke rak.

Secara Online :
1.    Pemustaka mengakses website perpustakaan.denpasarkota.go.id
2.    Pemustaka melaksanakan penelusuran bahan Pustaka pada menu opac ;
3.    Menghubungi petugas perpustakaan untuk memastikan ketersediaan bahan pustaka ;
4.    Petugas mengkonfirmasi pemustaka;
5.    Pemustaka memesan buku yang akan dipinjam via whats app atau email
6.    Pemustaka datang ke perpustakaan umum;
7.    Pemustaka mengisi buku pengunjung;
8.    Pemustaka melaksanakan peminjaman bahan Pustaka;
9.    Setelah 7 hari, pemustaka melaksanakan perpanjangan/pengembalian bahan Pustaka;
10.    Petugas mengembalikan koleksi yang dipinjam ke rak.

3. Jangka Waktu
5 menit (proses administrasi), 7 hari (jangka waktu peminjaman)

4. Biaya/Tarif 
Gratis 

5. Produk Pelayanan 
Layanan Sirkulasi Bahan Pustaka

6. Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan
Aplikasi PRO Denpasar + (Pelayanan Rakyat Online Denpasar) pada playstore serta kotak saran, maupun melalui telpon pengaduan nomor (0361) 237426 dan email: arsip@denpasarkota.go.id

7. Dasar Hukum
•    Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2007 Nomor 129, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4774);
•    Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2009 Nomor 112, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5038);
•    Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2014 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan (Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5531);
•    Peraturan Daerah Kota Denpasar Nomor 2 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Perpustakaan; 

8. Sarana, Prasarana dan / Fasilitas
Komputer, Aplikasi INLISLite, Alat Tulis Kantor dan Telepon 

9. Kompetensi Pelaksana
•    Menguasai peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan pelayanan publik dan perpustakaan
•    Menguasai kemampuan komputasi dasar;
•    Mampu mengoperasikan aplikasi INLISLite

10. Pengawasan Internal 
Pengawasan langsung dan pengendalian intern yang dilakukan oleh pimpinan atau atasan langsung pelaksana

11. Jumlah Pelaksana 
3 Orang 

12. Jaminan Pelayanan
Maklumat Pelayanan

13. Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan
Maklumat Pelayanan

14. Evaluasi Kinerja Pelaksana 
Survei Kepuasan Masyarakat (SKM)